Senin, 05 April 2010

Ishbiriy ya nafsii..

"Wasta`iinu bisshobri wa ssholat".

Sabar ada 5 macam:
1. Sabar saat tertimpa musibah
Orang yang beriman ketika ditimpa musibah akan berkata "innalillahi wa inna ilaihi rooji'un.."
2.Sabar ketiuka taat beribadah
Sering merasakan yang satu ini? untuk menjadi orang yang bertaqwa itu tidak mudah. banyak godaan n rintangan. seorang Nabi Ibrahim, harus rela meninggalkan istri tercinta dan anknya Nabi Ismail di padang yang sangat tandus, dan baru juga bertemu kembali Allah sudah menyuruhnya untuk menyembelih Ismail. Nabi Isma'il pun bersabar ketika menerima titah Allah SWt. itu "Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang Allah perintahkan. Insya Allah engkau akan menemukanku menjadi orang-orang yang bersabar.."
Realita kita, bagaimana menggodanya hangat dari kasur dan selimut yang kita gunakan saat adzan shubuh..
3. Sabar ketika dihadapkan dengan maksiat
Setiap waktu, syetan mengajak kita kepada kemaksiatan. syetan merayu dari depan, belakang, kanan, kiri. Sabar tipe ini adalah sabarnya Nabi Yusuf as. ketuika dirayu oleh Zulaikha yang cantik menawan, muda, sekaligus tuan yang harus diikuti titahnya. Bagaimana bisa menolak? begitu pula tak ada alasan untuk meniolak mdari dirinya yang masih muda, belum memiliki isteri, tidsak bertanggungjawab pada anaknya, tampan, takkan ada keluarga yang tahu karena ia orang asing.
jika ia mau, apa yang harus ia fikirkan lagi? Tapi ia bersabar dan memilih untuk tidak melakukannya karena ketaatannyua kepada Allah SWT.
4. Sabar ketika menghadapi dunia
5. Sabar ketika berdakwah
-sabar terhadap cemoohan manusia
- sabar ketika dakwah belum terlihat hasilnya
Sabar luar biasa yang dimiliki oleh Nabi Nuh as. saat berdakwah pada umatnya. selama 900 tahun, hanya 60 orang yang beriman. Apakah sebanding dengan dakwah kita??



Sabar itu dinamis, tidak statis.
Sabar itu optimis bukan pesimis.
dan Tawakkal adalah buah kesabaran.

akhirnya,,
"Allohummaj`alnii min 'ibaadikas shoolihat..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahken komentari catatan sederhanaku ini ^^